Senin, 14 Mei 2018

Membuat Multimedia Interaktif (MMI) dengan Menggunakan Aplikasi I-Spring Suite 8



Membuat Multimedia Interaktif (MMI) dengan Menggunakan Aplikasi I-Spring Suite 8

A. Pengertian Multimedia Interaktif
Secara etimologis multimedia berasal dari bahasa Latin, yaitu dari kata “multi”yang berarti banyak; bermacam-macam dan “medium” yang berarti sesuatu yang dipakai untuk menyampaikan atau membawa sesuatu.
Beberapa definisi multimedia menurut beberapa ahli diantaranya:
1.    Sesuai dengan pendapat Vaughan (1994: 4) multimedia adalah “berbagai kombinasi dari teks, grafik, suara, animasi, dan video yang disampaikan dengan menggunakan komputer atau alat elektronik lainnya”.
2.    Rada (1995) berpendapat bahwa “multimedia merujuk ke perpaduan/sinkronisasi aliran media (any synchronized media stream)”.  Sebagai contoh dari multimedia adalah gambar bergerak yang sinkron dengan suara (termasuk siaran televisi dan film modern) (Green & Brown, 2002 : 2).
3.    Heinich, Molenda, Russell & Smaldino (1999: 229) berpendapat, “multimedia merujuk kepada berbagai kombinasi dari dua atau lebih format media yang terintegrasi kedalam bentuk informasi atau program instruksi”.
Berdasarkan pendapat-pendapat tersebut maka dapat disimpulkan bahwa multimedia merupakan perpaduan antara berbagai media (format file) yang berupa teks, grafik, audio, dan interaksi dan digunakan untuk menyampaikan pesan/informasi dari pengirim ke penerima pesan/informasi.
Multimedia sendiri terbagi menjadi dua kategori yaitu a) Multimedia linear dan b) Multimedia interaktif. Multimedia linear adalah suatu multimedia yang tidak dilengkapi dengan alat pengontrol apapun yang dapat dioperasikan oleh pengguna. Multimedia ini berjalan sekuensial (berurutan), contohnya: TV dan film. Multimedia interaktif adalah suatu multimedia yang dilengkapi dengan alat pengontrol yang dapat dioperasikan oleh pengguna, sehingga pengguna dapat memilih apa yang dikehendaki untuk proses selanjutnya. Contoh multimedia interaktif adalah: Aplikasi game dan CD interaktif.
Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan, apabila pengguna mendapatkan keleluasaan dalam mengontrol multimedia tersebut, maka hal ini disebut multimedia interaktif. Karakteristik terpenting dari multimedia interaktif adalah siswa tidak hanya memperhatikan media atau objek saja, melainkan juga dituntut untuk berinteraksi selama mengikuti pembelajaran. Multimedia interaktif menggabungkan dan mensinergikan semua media yang terdiri dari: a) teks; b) grafik; c) audio; dan d) interaktivitas (Green & Brown, 2002: 2-6).

a. Teks
Teks adalah simbol berupa medium visual yang digunakan untuk menjelaskan bahasa lisan. Teks memiliki berbagai macam jenis bentuk atau tipe (sebagai contoh: Time New Roman, Arial, Comic San MS), berbagai macam ukuran dan wana. Satuan dari ukuran suatu teks terdiri dari length dan size. Length biasanya menyatakan banyaknya teks dalam sebuah kata atau halaman. Size menyatakan ukuran besar atau kecil suatu huruf. Standar teks memiliki size 10 atau 12 poin. Semakin besar size suatu huruf maka semakin tampak besar ukuran huruf tersebut.
b.  Grafik

Grafik adalah suatu medium berbasis visual. Seluruh gambar dua dimensi adalah grafik. Apabila gambar di render dalam bentuk tiga dimensi (3D), biasanya tetap disajikan melalui medium dua dimensi. Hal ini termasuk gambar yang disajikan lewat kertas, televisi ataupun layar monitor. Grafik bisa saja menyajikan kenyataan (reality) atau hanya berbentuk ikonik. Contoh grafik yang menyajikan kenyataan adalah foto, dan contoh grafik yang berbentuk ikonik adalah kartun seperti gambar yang biasa dipasang dipintu toilet untuk membedakan toilet laki-laki dan perempuan.
Grafik terdiri dari gambar diam dan gambar bergerak. Contoh dari gambar diam yaitu foto, gambar digital, lukisan, dan poster. Gambar diam biasa diukur berdasarkan size (sering disebut juga canvas size) dan resolusi. Contoh dari gambar bergerak adalah animasi, video dan film. Selain bisa diukur dengan menggunakan size dan resolusi, gambar bergerak juga memiliki durasi.
c. Audio
Audio atau medium berbasis suara adalah segala sesuatu yang bisa didengar dengan menggunakan indera pendengaran.  Contoh: narasi, lagu, sound effect, back sound.
d. Interaktivitas
          Interaktivitas bukanlah medium, interaktivitas adalah rancangan dibalik suatu program multimedia. Interaktivitas mengijinkan seseorang untuk mengakses berbagai macam bentuk  media atau jalur didalam suatu program multimedia sehingga program tersebut dapat lebih berarti dan lebih memberikan kepuasan bagi pengguna. Interaktivitas dapat disebut juga sebagai interface design atau human factor design. Interaktivitas dapat dibagi menjadi dua macam struktur, yakni struktur linear dan struktur non linear. Struktur linear menyediakan satu pilihan situasi saja kepada pengguna sedangkan struktur nonlinear terdiri dari berbagai macam pilihan kepada pengguna.
Selain itu, Green & Brown (2002: 3) menjelaskan terdapat beberapa metode yang digunakan dalam menyajikan multimedia, yaitu:
  a.  Berbasis kertas (Paper-based), contoh: buku, majalah, brosur;
b.  Berbasis cahaya (Light-based), contoh: slide shows, transparasi;
c.  Berbasis suara (Audio-based), contoh: CD Players,  tape recorder, radio;
d.  Berbasis gambar bergerak (Moving-image-based), contoh: televisi, VCR (Video cassette recorder), film;  
e.  Berbasiskan digital (Digitally-based), contoh : komputer

B.   iSpring Suite 8 Aplikasi Multimedia Pembelajaran Interaktif
Perkembangan teknologi ICT yang semakin maju dan canggih memberikan kontribusi yang besar dalam dunia pendidikan khususnya terhadap pembelajaran. Salah satu diantaranya multimedia sebagai perantara komunikasi antara guru dan siswa. Dengan adanya multimedia maka penyampaian informasi ataupun materi pelajaran kepada siswa menjadi semakin mudah, menarik, atraktif, interaktif, efektif, dan efisien serta siswa pun menjadi mudah mengerti terhadap materi.  Selain itu, penyampaian materipun tidak monoton dan membosankan. Oleh karena itu, maka diharapkan para guru mampu menguasai berbagai macam software aplikasi pembelajaran demi memperbaiki pembelajarannya agar lebih menarik dan memotivasi siswanya untuk belajar. Salah satu software aplikasi pembelajaran multimedia interaktif adalah iSpring. iSpring memiliki banyak jenis, yaitu:
·       iSpring Pro untuk mengubah PowerPoint menjadi Flash
·       iSpring Presenter
·       iSpring Online
·       iSpring QuizMaker
·       Active Swf
·       iSpring SDK
Pengembangan media pembelajaran berbasis ICT diperuntukkan bagi guru yang sudah mengenal dan menggunakan TIK dalam pembelajarannya). Menurut Mishra & Koehler (2006), Koehler, Mishra, Akcaoglu, & Rosenberg (2013), dan AACTE Committee on Innovation and Technology (2008), dalam mengembangkan pengajaran berbasis ICT, seorang guru hendaknya menguasai pengetahuan akan materi yang disampaikan (Content Knowledge), wawasan pedagogi yang akan digunakan (Pedagogical Knowledge), dan pengetahuan tentang teknologi yang akan digunakan (Technological Knowledge) atau yang selanjutnya disebut dengan Technological, Pedagogical, and Content Knowledge (TPACK). Ketiga pengetahuan tersebut mutlak dikuasai dan diimplementasikan dalam pengajaran berbasis teknologi. Jika seorang guru hanya menguasai sebagian dari ketiga komponen tersebut, maka media pembelajaran yang mengintegrasikan teknologi akan mungkin tidak sesuai dengan kebutuhan pencapaian kompetensi yang diharapkan dalam suatu pengajaran materi pelajaran. Sebagai contoh, karena penguasaan guru hanya terkait dengan materi pembelajaran namun lemah dalam pengetahuan penggunaan teknologi, tidak sedikit media pembelajaran yang dirancang oleh guru tersebut menggunakan Microsoft (Ms) PowerPoint sebagian besar berisi teks saja, seperti layaknya tampilan bahan ajar tercetak (buku, artikel, atau teks pelajaran).
Di lain sisi, guru yang menonjol pengetahuan teknologinya namun tidak memperhatikan aspek pedagogi penyampaian materi pelajaran, cenderung menyajikan PowerPoint yang berisi animasi dan suara yang membuat perhatian pembelajar berfokus pada ketakjuban pemanfaatan animasi dan suara yang berlebihan, sehingga esensi materi pelajaran yang ingin disampaikan oleh guru tidak terserap dengan baik. Padahal peran animasi dalam media pembelajaran dimaksudkan untuk memperjelas konsep yang sedang dipelajari, sedangkan peran suara dalam media pembelajaran adalah untuk memberikan penekanan pada hal-hal yang perlu diperhatikan dan sebagai transisi dari satu topik bahasan kepada topik bahasan lainnya. Dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat, pilihan perangkat lunak (Software) hingga perangkat keras (Hardware) yang dapat digunakan oleh guru bidang studi.
Salah satu software yang telah dikenal banyak guru dalam kegiatan pembelajaran adalah MS. PowerPoint. Pada slide (lembar kerja) PowerPoint, guru  umumnya memuat teks, gambar, grafik, dan tabel. Padahal, saat ini, Ms. PowerPoint juga dapat mengintegrasikan aplikasi lain yang diharapkan dapat mengoptimalkan pemanfaatan TIK dalam kegiatan pembelajaran matematika. Salah satu software yang dapat diintegrasikan ke dalam Ms. PowerPoint adalah iSpring.  Pengintegrasian iSpring Suite 8 dalam Ms. PowerPoint akan sangat bermanfaat bagi guru  alam membuat media pembelajaran yang akan digunakan dalam pengajarannya.
Dengan memanfaatkan iSpring, siswa tidak perlu mencatat sajian materi yang disajikan di kelas, mereka dapat membawa pulang file sajian PowerPoint guru yang tidak hanya berisi sajian yang dirancang guru sebelum pengajaran, tetapi juga berisi rekaman penjelasan guru baik visual maupun grafis. Selain bahan presentasi, iSpring juga memungkinkan guru mengisi slide PowerPoint dengan soal kuis atau latihan baik yang berbentuk tes pilihan ganda maupun tes uraian. Pada soal kuis tersebut, guru juga dapat memberikan umpan balik (feedback) sebagai respons atas jawaban siswa. Mengingat begitu banyak manfaat pengintegrasikan iSpring dalam media pembelajaran berbasis Ms PowerPoint, maka perlu dilakukan pengkajian secara teoritis bagaimana pemanfaatan Ms. PowerPoint dan iSpring dalam pembelajaran matematika berbasis Technological Pedagogigal Content Knowledge (TPACK). Hasil dari kajian tersebut diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap optimalisasi peran guru dalam mengimplementasikan kurikulum 2013.

C.    Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Dengan Perangkat Lunak ispring Presenter
iSpring Suite 8.0.0.11113 Full Crack Terbaru adalah salah satu software yang dapat menjadikan penampilan Powerpoint lebih menarik dan interaktif berbasis Flash dan dapat dibuka di hampir setiap komputer atau platform.




Ispring Suit merupakan salah satu tool yang mengubah file presentasi yang kompatibel dengan power point untuk dijadikan dalam bentuk flash. Perangkat lunak Ispring tersedia dalam versi free (gratis) dan pro (berbayar).






Ispring Suit secara mudah dapat diintegrasikan dalam Microsoft Power Point sehingga  tidak membutuhkan keahlian khusus. Beberapa fitur Ispring Suit adalah:
  • Ispring suit bekerja sebagai add-ins
  • Dikembangkan untuk mendukung e-learning.
  • Membuat kuis dengan berbagai jenis pertanyaan/soal
 
  



Kelebihan iSpring Suite 8
  1. iSpring dapat menyisipkan berbagai bentuk media, sehingga media pembelajaran yang dihasilkan akan lebih menarik, diantaranya adalah dapat merekam dan sinkronisasi video presenter, menambahkan Flash, dan video YouTube, mengimpor atau merekam audio, menambahkan informasi pembuat presentasi dan logo perusahaan, serta membuat navigasi dan desain yang menarik.
  2. Mudah didistribusikan dalam format flash, yang dapat digunakan dimanapun dan dioptimalkan untuk web. iSpring Suite 8 bekerja sebagai add-in Powerpoint, untuk menjadikan file .
  3. Membuat kuis dengan berbagai jenis pertanyaan/soal yaitu : True/False, Multiple Choice, Multiple response, Type In, Matching, Sequence, numeric, Fill in the Blank, Multiple Choice Text.
Membuka Dan Menjalankan Ispring Suit
Langkah-langkah untuk menjalankan ispringsuit adalah sebagai berikut:
  1. Klik tombol Start pada windows taksbar
  2. Klik pilihan All Programs, kemudian pilihan folder Ispring suit.
  3. Klik Ispring pro, selanjutnya akan tampil welcome screen, klik launch powerpoint, sehingga lembar kerja Ispring suit akan ditampilkan
Berikut tampilan iSpring terbaru :

iSpring Suite 8.0.0.11113 Full Crack Terbaru ini juga menyediakan bagi kumputer (PC ) atau laptop dengan OS 32 Bit dan 64 Bit, kita dapat menggunakan sesuai dengan kapasitas komputer. Ispring merupakan aplikasi pembuat Media Pembelajaran yang praktis dan mudah di mengerti. Tidak memerlukan pemahaman bahasa script yang membuat bingung, membuat Quiz di iSpring sangat mudah dan sudah mendukung LMS. Jadi Quiz yang kita buat kompatible dengan Program LMS yang sudah ada misal Moodle, Edmodo dan lain-lain.

iSpring Presenter (powerpoint) adalah software pembelajaran yang terintegrasi (adds ins) dengan perangkat lunak Microsoft PowerPoint. Sofware ini merupakan salah satu tool yang mengubah file presentasi yang kompatibel dengan PowerPoint untuk menjadikan bentuk flash dan bentuk SCORM/AICC, yaitu bentuk yang biasa digunakan dalam pembelajaran dengan e-learning LMS (Learning Management System). Dengan iSpring Presenter bahan ajar dapat disajikan secara interaktif dan menarik. Selain itu evaluasi pembelajaran dapat disajikan dalam berbagai macam bentuk, misalnya ada bentuk True/False, Multiple Choice, Multiple Response, Type in, Matching, Sequence, Numeric, Fill in the blank, Multiple Choise Text, dan Word Bank. Perangkat lunak iSpring tersedia dalam versi free dan berbayar, selain itu perangkat ini mudah digunakan.
Berikut ini adalah beberapa fitur yang tersedia dalam iSpring Presenter, diantaranya:
1.      iSpring Presenter bekerja sebagai add-ins PowerPoint, untuk menjadikan file PowerPoint lebih menarik dan interaktif berbasis Flash dan dapat dibuka di hampir setiap computer atau platform.
2.      Dikembangkan untuk mendukung e-learning. iSpring Presenter dapat menyisipkan berbagai bentuk media, sehingga media pembelajaran yang dihasilkan akan lebih menarik, diantaranya adalah dapat merekam dan sinkronisasi video presenter, menambahkan Flash dan video YouTube, mengimpor atau merekam audio, menambahkan informasi pembuat presentasi dan logo perusahaan, serta membuat navigasi dan desain yang unik.
3.      Mudah didistribusikan dalam format flash, yang dapat digunakan dimanapun dan dioptimalkan untuk web.
4.      Membuat kuis dengan berbagai jenis pertanyaan/soal yaitu: True/False, Multiple Choice, Multiple Response, Type in, Matching, Sequence, Numeric, Fill in the blank, Multiple Choise Text.

Menu utama yang ada dalam iSpring Presenter pada gambar dibawah ini, yaitu:
Publish : mengatur publikasi presentasi 23
Presentation : Pengaturan/manajemen
Presentasi : presenter, dan tautan/link
Narration : pengaturan narasi video/audio, dan sinkronisasi narasi
Insert : menyisipkan Flash, Quiz, dan video You Tube
About : info tentang software, bantuan, dan update software.
Adapun cara penggunaan software aplikasi iSpring Presenter, adalah sebagai berikut:
1.     Apabila software aplikasi sudah terinstall, maka pada menu bar Ms PowerPoint akan terlihat seperti berikut:
2.     Bukalah file presentasi/PowerPoint yang akan dipilih
3.     Maka akan muncul kotak dialog seperti berikut.
4.     Pada pilihan: Presentation file, isilah dengan nama file setelah dipublish. Pada Destination, pilihlah browser untuk menentukan lokasi penyimpanan file. Pada Slide range, pilih All slide. Beri checklist pada pilihan di bawahnya, jika menginginkan pengaturan yang ada pada pilihan.
5.     Selanjutnya klik publish untuk memulai konversi dari pptx ke swf.
6.     Kemudian lihat hasilnya di folder yang sudah dipilih pada destination. Dan kemudian dapat dijalankan melalui media player classic atau GOM Player. 

Berikut ini adalah contoh pembuatan MMI dari power point dengan menggunakan 
aplikasi iSpring Suite 8 : Silakan Klik Link Download berikut ini. Selamat menyimak!



Tayangan Power Point Slide 1 :



 
Tayangan Power Point Slide 2




Tayangan Power Point Slide 3 :



Tayangan Power Point Slide 4 :




Tayangan Power Point Slide 5 :
Untuk menjawab pertanyaan klik start quiz!





Tayangan Power Point Slide 6 :



REFERENSI:
Arsyad, A. (2010). Media Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Green, T. D. & Brown, A. (2002). Multimedia Project In The  Classroom. USA: Corwin Press, Inc.
Heinich, R.; Molenda, M.; Russell, J. & Smaldino, S. (1999). Instructional Media And Technologies For Learning (6th ed.).   USA: Merrill/Prentice Hall.
Padmanthara, S. (2007). Pembelajaran Berbantuan Komputer Dan Manfaat Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal TEKNODIK Vol. 22. pp. 130-144.
Vaughan, T. (1994). Multimedia: Making it Work (2nd ed.). USA: McGraw-Hill.


0 komentar:

Posting Komentar