Minggu, 25 Maret 2018

Manfaat komputer bagi profesi Guru (pengganti yang kehapus)






  Manfaat Komputer Bagi Profesi Guru


Komputer Sebagai Media Penghubung Komunikasi antara Guru dengan Siswa





Komputer merupakan perangkat teknologi informasi modern dan penting bagi kehidupan manusia. Komputer tidak hanya berfungsi sebagai alat tulis menggantikan teknologi tempo dulu yakni mesin tik. Komputer sudah menjadi alat yang multi fungsi. Sebagai contoh, pada bidang fotografi. Dengan kamera digital seseorang bisa memotret atau mengambil objek gambar atau sebuah peristiwa dan hasil pemotrerran tersebut dapat ditransfer ke dalam komputer sehingga langsung dicetak melalui output prangkat keras yakni printer dan digitizer.
Perkembangan IPTEK terhadap proses pembelajaran adalah diperkayanya sumber belajar dan media pembelajaran. Media komputer dimanfaatkan dalam pembelajaran karena memberikan keuntungan-keuntungan yang tidak dimiliki oleh media pembelajaran lainnya yaitu kemampuan komputer untuk berinteraksi secara individu dengan peserta didik. Model  pembelajaran  yang  diterapkan  dalam  pembelajaran berbantuan komputer secara  umum  dapat  diklasifikasikan  menjadi  empat model,  yaitu  : 1) tutorial,  2) drill  and  practice, 3) simulation, dan 4)  problem-solving.  Dalam  model  1 dan  2, komputer berperan  sebagai  pengajar,  sedangkan model 3 dan 4, untuk mengembangkan penggunaan  kemampuan  memecahkan  masalah  melalui  pendekatan  discovery atau exploratory. Beberapa hasil penelitian menyatakan bahwa pembelajaran ini dapat meningkatkan motifasi belajar, media pembelajaran yang efektif, tidak adanya batas ruang dan waktu belajar.
Perkembangan komputer sampai saat ini sangat pesat, sebelum mengenal komputer seperti saat ini, 5000 tahun yang lalu di Asia kecil orang menemukan alat yang disebut Abacus dan dianggap sebagai awal mula komputer. Pada tahun 1642, Blaise Pascal menemukan kalkulator roda numerik untuk membantu ayahnya melakukan perhitungan pajak. Tetapi alat ini memiliki kelemahan, yaitu hanya sebatas melakukan penjumlahan. Komputer sendiri diartikan Hamacher sebagai mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima input digital kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan dimemorinya dan menghasilkan output berupa informasi. Menurut Nasution (2001), komputer dibagi menjadi beberapa generasi. Yaitu generasi pertama (1953-1958), generasi kedua(1958-1966), generasi ketiga (1966-74), generasi keempat (1974-1982), dan generasi kelima (1982-sekarang). Dengan perkembangannya yang semakin canggih, maka sampai saat ini banyak dirasakan manfaatnya dalam berbagai bidang kehidupan. Salah satu manfaat komputer adalah dalam bidang pendidikan misalnya multimedia. Dimana dengan pemanfaatan multimedia, proses pembelajaran lebih bermakna, karena mampu menampilkan teks, warna, suara, video, gerak, gambar serta mampu menampilkan kepintaran yang dapat menyajikan proses interaktif. Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi juga bermanfaat dalam pendidikan, salah satunya adalah pembelajaran berbantuan komputer, dalam penggunaannya menurut Sudjana dan Rivai (1989) terdapat beberapa model pembelajaran berbantuan komputer, yaitu model latihan dan praktek (drill and practice), model tutorial (tutorials), model penemuan (problem solving), model simulasi (simulations) dan model permainan (game).
   Seiring dengan kemajuan teknologi yang semakin maju dan canggih memberikan dampak yang nyata terhadap pemenuhan kebutuhan manusia. Dengan berkembangnya teknologi, segala pekerjaan dapat dikerjakan dan diselesaikan secara efektif dan efisien. Dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat memberikan pengaruh yang besar terhadap tatanan kehidupan manusia di semua bidang. Salah satu perkembangan teknologi komunikasi yang berkembang saat ini adalah komputer. Dengan kemajuan teknologi komputer membuat aktivitas ataupun pekerjaan menjadi lebih cepat dan praktis serta menjadikan dunia seperti tanpa batas. Teknologi komputer memberikan pengaruh yang sangat penting hampir di setiap aspek kehidupan manusia. 

 

  Apakah komputer itu?
  Menurut Merril, et al. (1996) “Computer is a machine that processes information, or data. Information may be in the form of graphics, text, video, or audio; it may be searched, sorted, modified, calculated, or manipulated. The computer may manipulate the data but it does not understand the data. A computer can only do what people instruct it to do. A computer can store many instructions. This permits the computer to solve problems quickly, because all the necessary instructions or rules are available to be processed.” Komputer adalah sebuah mesin yang memproses informasi atau data. Informasi dapat berbentuk grafik, teks, video, atau audio; informasi ini dapat ditelusuri, disortir, dimodifikasi, dikalkulasi, atau dimanipulasi. Komputer dapat memanipulasi data tetapi komputer tidak mengerti data. Komputer hanya dapat melakukan apa yang diperintahkan oleh manusia. Komputer dapat menyimpan instruksi yang banyak. Hal ini membuat komputer dapat memecahkan masalah dengan cepat, karena semua instruksi atau aturan yang penting telah tersedia untuk diproses.  
Salah satu teknologi canggih dan banyak digunakan saat ini dalam pendidikan adalah komputer. Dimana komputer menjadi media dan sumber belajar serta media interaksi peserta didik dengan guru dalam pembelajaran, namun dalam penerapanya belum banyak guru yang memahami dan memanfaatkan teknologi tersebut dengan penuh atau optimal. Komputer sebagai teknologi dan media pembelajaran interaktif guru dengan peserta didik, mampu menjadikan peserta didik lebih aktif, kreatif, belajar menyenangkan, tidak membosankan, dan meningkatkan minat belajar peserta didik, sehingga diperlukan keberadaanya untuk lebih menunjang dalam pembentukan individu yang aktif, berwawasan dan mengikuti perkembangan jaman.
Komputer adalah alat elektronik otomatis yang dapat menghitung atau mengolah data secara cermat menurut yang diinstruksikan, dan memberikan hasil pengolahan, serta dapat menjalankan sistem multimedia (film, musik, televisi, faksimile, dsb), biasanya terdiri atas unit pemasukan, unit pengeluaran, unit penyimpanan, serta unit pengontrolan.

 Untuk mewujudkan konsepsi komputer sebagai pengolah data untuk menghasilkan suatu informasi, maka diperlukan sistem komputer yang elemennya terdiri dari hardware, software dan brainware. Ketiga elemen sistem komputer tersebut harus saling berhubungan dan membentuk kesatuan. Hardware tidak akan berfungsi apabila tanpa software, demikian juga sebaliknya. Dan keduanya tidak bermanfaat apabila tidak ada manusia (brainware) yang mengoperasikan dan mengendalikannya.
Dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat saat ini memberikan pengaruh yang besar pula terhadap dunia pendidikan. Dengan masuknya teknologi informasi khususnya komputer terhadap dunia pendidikan telah banyak merubah tatanan dan peran pendidikan itu sendiri. Institusi pendidikan yang tidak menerapkan teknologi khususnya komputer, akan kalah bersaing dengan institusi yang menerapkan komputer. Penggunaan komputer pada sekolah-sekolah merupakan salah satu contoh untuk meningkatkan kualitas institusinya.


 


                                               
Aplikasi komputer dalam bidang pembelajaran khususnya pada mata pelajaran geografi mendukung berlangsungnya proses belajar secara individual (individual learning). Pemakai komputer atau user dapat melakukan interaksi langsung dengan sumber informasi. Perkembangan teknologi komputer jaringan (computer network/Internert) saat ini telah memungkinkan pemakainya melakukan interaksi dalam memperoleh pengetahuan dan informasi yang diinginkan. Berbagai bentuk interaksi pembelajaran dapat berlangsung dengan tersedianya medium komputer. Beberapa lembaga pendidikan jarak jauh di sejumlah negara yang telah maju memanfaatkan medium ini sebagai sarana interaksi. Pemanfaatan ini didasarkan pada kemampuan yang dimiliki oleh komputer dalam memberikan umpan balik (feedback) yang segera kepada pemakainya. Contoh penggunaan internet ini adalah digunakan oleh Universitas terbuka dalam penyelenggaraan Universitas Terbuka Jarak Jauh disamping mahasiswa mendapat modul untuk proses belajar mengajar dia juga dapat mengakses informasi melalui internet. Kuliah lewat Internet oleh IBUteledukasi.com.
Berdasarkan hal tersebut jelas bahwa peranan komputer bagi dunia pendidikan khususnya mata pelajaran geografi sangatlah penting, karena dapat mengoptimalkan pembelajaran untuk mencari sumber informasi bahan pembelajaran disana kita dapat mengakses internet , mencari berbagai ilmu  yang terdapat di seluruh dunia sehingga dapat melaksanakan pembelajaran secara optimal sehingga proses pembelajaran menjadi kondusif, efektif, dan efesien. Materi pelajaran geografi berkaitan dengan fenomena alam dan fenomena sosial serta interaksi antara keduanya. Dengan adanya komputer dapat mempermudah siswa dalam mempelajari materi pelajaran geografi. Misalnya dalam mempelajari wilayah kutub, wilayah gurun, wilayah padang rumput, hutan hujan tropis, wilayah tundra, grafik kependudukan, Penginderaan Jauh, Peta, Sistem Informasi Geografi, Perairan Darat, Perairan Laut, Sumber Daya Alam, Lingkungan Hidup,  dan fenomena-fenomena yang lainnya dapat dengan mudah digambarkan dan diakses dalam komputer.


   Dalam suatu proses pembelajaran terjadi suatu interaksi komunikasi antara guru dengan siswa. Aktivitas pembelajaran yang dinamis dapat diukur dari kadar proses interaksi antara subjek didik, guru dan sumber belajar lainnya. Proses interaksi tersebut menggambarkan suatu proses komunikasi transaksional, yaitu proses komunikasi antara guru dan siswa, dan siswa dengan siswa (AECT, dalam Darmawan 2013). Salah satu media komunikasi baru sebagai hasil difusi inovasi yang dapat mendukung komunikasi interaktif adalah media komputer dengan berbagai aplikasi program dan bahasa pemrogramannya (software).
Menurut Darmawan (2013:26) kadar interaksi antara penerima dan sumber pesan dapat langsung dilakukan melalui komputer multimedia, terutama di bawah bimbingan guru. Pernyataan ini menunjukkan bahwa media komputer dapat membantu guru untuk mengatasi permasalahan proses komunikasi dalam pembelajaran. Sebagai contoh, dalam penyampaian materi pembelajaran, guru dibantu oleh media komputer sebagai media komunikasi pembelajaran. Semua ini menunjukkan dengan jelas bahwa media komputer sangat menunjang profesi guru dalam menyampaikan materi pembelajaran dan mengatasi masalah proses komunikasi dalam pembelajaran.
Dalam dunia pendidikan saat ini penggunaan komputer sudah banyak digunakan, khususnya dalam pendidikan di SMA. Dalam perkembanganya komputer memiliki banyak pengaruh terhadap pengetahuan dan informasi yang dibutuhkan banyak orang. Pada awalnya komputer dimanfaatkan di sekolah sebagai penunjang kelancaran pekerjaan bidang administrasi dengan memanfaatkan software Microsoft word, excel dan access. Dengan masuknya materi Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam kurikulum baru, maka peranan komputer sebagai salah satu komponen utama dalam TIK mempunyai posisi yang sangat penting sebagai salah satu media pembelajaran. 
Dalam pemanfaatan komputer saat ini telah berkembang meliputi pengelolaan tes melalui komputer selain itu dapat dilihat pula komputer dijadikan sebagai media untuk menampilkan nilai-nilai ujian peserta didik melalui komputer yang telah terkoneksi dengan internet, penggunaan komputer dalam penyaluran pendapat serta berbagi pemikiran antar individu. Perkembangan pemanfaatan komputer tersebut belum begitu luas, dimana masih banyak lembaga-lembaga pendidikan dan guru-guru yang tidak memaksimalkan penggunaan dari teknologi tersebut. Hal itu terjadi karena kemalasan dan ketidakpahaman individu terhadap teknologi ataupun media yang berada di sekelilingnya.
Dalam penggunaanya komputer memiliki banyak manfaat, sehingga teknologi tersebut menjadi sangat penting dan dibutuhkan oleh semua bidang pekerjaan tak terkecuali dalam bidang pendidikan. Penerapan komputer dalam pendidikan membantu guru dalam penyampaian materi melalui berbagai inovasi yang dapat dibuat dan dikembangkan guru sehingga pesan tersebut lebih menarik dan disukai peserta didiknya. Namun dalam pemakaianya belum banyak guru yang secara optimal menggunakan semua fungsi dari komputer, antara lain : diskusi melalui media komputer yang telah online, mencari bahan dari komputer yang tersambung internet, memberi pembelajaran mengenai pengeditan gambar dan teks, penyuntingan video dan masih banyak aplikasi dalam komputer yang dapat ditingkatkan guru dalam pembelajaranya untuk lebih mengaktifkan peserta didik.
Ada berbagai macam bentuk-bentuk pembelajaran dengan menggunakan komputer. Contohnya adalah sebagai berikut :
a.    Pembelajaran dengan menggunakan Microsoft Word. Dengan memanfaatkan program Word, dapat diketik bahan ajar yang menarik, menggunakan berbagai format tulisan, warna dan ukuran kertas yang bervariasi. (schule.bayern.de)
b.    Pembelajaran dengan format PDF. Biasanya format PDF digunakan untuk menyajikan berbagai macam bentuk presentasi yang dilengkapi dengan suara dan gambar.
c.     Pembelajaran dengan memanfaatkan program Scan. Untuk men-scan suatu gambar atau teks yang menarik yang akan digunakan sebagai bahan ajar, komputer harus dilengkapi dengan alat scanner.
d.   Pembelajaran dengan menggunakan tabel atau grafik dengan memanfaatkan program PDF atau Microsoft Office.
e.  Pembelajaran dengan menggunakan CD-ROM. Dengan fasilitas CD-ROM dapat diputar film atau yang sejenisnya yang berhubungan dengan materi yang akan diajarkan. Tentu saja pelengkap seperti loud-speaker atau headset juga diperlukan.
f.   Pembelajaran dengan menggunakan komputer yang tersambung dengan internet. Apabila suatu komputer dapat tersambung dengan jaringan internet, maka proses pembelajaran  dapat diselenggarakan secara online dan materi ajar terkini dapat diakses dengan cepat dan seketika.
Secara umum pembelajaran berbasis komputer dapat dimasukan dalam dua kategori, yaitu komputer mandiri dan komputer dalam jaringan. Perbedaan terletak pada aspek interaktifitas, dalam komputer mandiri interaktivitas peserta didik terbatas dengan materi ajar yang ada dalam program pembelajaran. Pada pembelajaran dengan komputer dalam jaringan, interaktivitas peserta ajar menjadi lebih banyak alternatifnya. Pada proses pembelajaran dengan komputer dalam jaringan dikenal dua jenis fungsi komputer, yaitu komputer server (untuk melayani interaksi, seperti website server, e-mail server) dan komputer klien (dilengkapi dengan browser, misalnya Netscape, Mozila Firefox, Opera mini atau internet explorer) . Interaksi peserta didik dengan tenaga pengajar dilakukan melalui kedua jenis komputer tersebut
Peran komputer bagi guru dalam meningkatkan aktifitas dan interaksi belajar peserta didik antara lain :
1)      Komputer sebagai media pembelajaran aktif peserta didik dan guru.  Sebagai media pembelajaran, komputer diharapkan dapat meningkatkan interaksi belajar peserta didik dengan guru, dengan pemanfaatan yang optimal terhadap keberadaanya antara lain :
a.         Penggunaan komputer dalam kegiatan belajar mengajar yang digunakan guru untuk menyampaikan materi dengan presentasi didepan kelas dengan desain power point yang menarik dan disertai dengan sessi tanya jawab. Itu akan memberi sedikit inovasi dalam penyampaian materi sehingga menigkatkan minat belajar peserta didik dan tidak membosankan.
b.        Penggunaan komputer dalam diskusi kelas, dimana semua komputer telah terkoneksi dengan internet baik melalui sebuah group maupun menggunakan aplikasi lain. Dan guru memantau diskusi peserta didik serta menanggapi hal-hal yang dianggap kurang benar.
c.        Peserta didik secara aktif membuat kretivitasnya masing-masing melalui teknologi komputer. Kreativitas yang dimaksud misalnya pembuatan pemandangan yang bagus atau gambar-gambar yang menarik melalui komputer, karya tulis melalui komputer untuk dishare kan ke web (jika telah terkoneksi dengan internet.
d.         Menjadikan komputer sebagai sumber bahan lain selain buku dalam pencarian bahan dimana komputer disini telah terkoneksi dengan internet.
e.        Penggunaan bagian-bagian atau komponen-komponen dalam komputer untuk menunjang proses pembelajaran. Misalnya pemanfaatan suara, gambar, dan video dalam pembelajaran.
2)      Komputer sebagai media komunikasi peserta didik dengan guru. Dimana komputer telah terkoneksi dengan internet, sehingga diskusi dan tanya jawab terhadap topik masalah dapat ditanyakan dalam kelas sewaktu diskusi berlangsung sehingga mempersingkat waktu dan tanya jawab pun dapat dilakukan diluar kegiatan belajar/ luar kelas.
3)      Komputer sebagai sumber pengetahuan lain. Selama ini peserta didik hanya memperoleh pengetahuan melalui apa yang disampaikan guru dan guru memperoleh pengetahuan melalui buku, namun sekarang guru dan peserta didik dapat memperoleh bahan lain melalui komputer yang telah terkoneksi dengan internet.
4)      Pembelajaran saat ini telah berkembang hanya karena komputer yang telah terhubung dengan internet. Dimana peserta didik memiliki peran aktif dalam pengembangan dan pembentukan pengetahuan karena pembelajaran dapat dilakukan secara mandiri melalui komunikasi di dunia maya seperti e-learning.
5)      Peserta didik dapat menyalurkan dan mengembangkan kreatifitas dan ide-ide barunya melalui dunia blog dan aplikasi lain yang dapat dimanfaatkan guru dalam peningkatan motivasi dan belajar peserta didik untuk terus berkarya.
6)      Guru bersama peserta didik dapat saling memberi dan membentuk pengetahuan baru terhadap sumber-sumber bahan materi lain yang mereka dapat.
7)      Adanya pertukaran pendapat dan komunikasi dengan narasumber lain dalam interaksi di dunia maya sehingga pengetahuan yang terbentuk lebih luas.
8)      Komputer sebagai ajang untuk mempertontonkan kreatifitas tiap individu. Sehingga bakat dan kemampuan tiap individu dapat dikembangkan dan pendidik dapat melihat karakter tiap individu melalui karyanya, sehingga guru dapat mengidentifikasi potensi dan kemampuan yang mungkin dpat dikembangkan.
   

Contoh komputer sebagai media komunikasi antara guru dan siswa dalam pembelajaran geografi



 
Contoh komputer sebagai media komunikasi antara guru dan siswa dalam pembelajaran







Sebagai kesimpulan, dengan peran sebagai penunjang profesi guru media komputer adalah salah satu komponen yang sangat penting dalam proses pembelajaran untuk mempermudah proses komunikasi antara guru dan siswa. Komputer telah memberikan andil besar terhadap perubahan-perubahan yang mendasar pada sistem pendidikan dan pembelajaran Berkat teknologi komputer ini berbagai kemudahan dapat dirasakan dalam proses pembelajaran seperti presentasi mengajar, akses informasi (e-learning), dan pembuatan pembelajaran berbasis komputer.. Disamping itu, dengan sarana pendidikan yang lengkap dan bermutu, kualitas pembelajaran akan semakin baik, dan motivasi belajar siswa akan meningkat. Hal itu akan berakibat pada peningkatan mutu pendidikan.
           

           

Referensi :

Darmawan, Deni. 2013.Teknologi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Esha, Petrus Teguh. 2002. Mengenal Komputer. Bandung: Mitra Sarana.
Juliandi. (2009). Pengenalan Dasar Komputer. Bandung: CV. Cipta Dea Pustaka.
Merrill, Asmara, Adi. (2010). Anda Jadi Tahu Komputer. Bandung: CV. Atikan Mandiri.
Paul F, et al. 1996. Computers in Education. USA: Allyn and Bacon.

0 komentar:

Posting Komentar